Strategi Berjualan Hijab
![]() |
Penulis adalah Mahasiswi STAI Bumi Silampari Prodi BPI |
Opini Oleh: Linda Asmara
JENDELAKITA.MY.ID - Strategi
saya dalam memasarkan produk berupa hijab ialah dengan mempelajari terlebih
dahulu trend- trend hijab untuk semua kalangan mulai dari perempuan remaja
hingga dewasa yang masih sesuai dengan syariat islam. Contohnya : saya
mempelajari warna-warna hijab yang banyak diminati pada masa kini agar produk
hijab yang ingin saya jual diminati oleh banyak orang. Dan saya sangat
mengutamakan kualitas bahan hijab yang nyaman dipakai serta efisien untuk
dimiliki daripada produk-produk yang lain
Apa yang harus
dilakukan agar produk hijab dapat diminati oleh banyak orang?
Tentu, sudah
dijelaskan diatas bahwa kita tidak bisa pungkiri perkembangan zaman saat ini,
sehingga kita harus mengikuti perkembangan zaman saat ini namun tidak boleh
melanggar syariat islam. Maka dari itu salah satu produk yang jualkan ini
adalah produk hijab syar'i agar semua kalangan secara tidak langsung juga
mengetahui pentingnya menutup aurat terkhusus wanita agar mengenakan hijab yang
sesuai dengan syariat ajaran agama islam. Maka dari itu saya harus mempelajari
terlebih dahulu trend- trend jilbab pada masa kini serta warna- warna, gaya
hijab pada masa kini. Lalu saya mempromosikan produk saya melalui via online
terlebih dahulu dengan memanfaatkan sosial media pada masa kini.
Bagaimana cara
memasarkan produk hijab disemua kalangan?
Cara pemasarannya:
1. Identifikasi
target pasar: disini saya harus memahami terlebih dahulu siapa target pasar
saya seperti usia, preferensi gaya, dan nilai-nilai tertentu.
2. Manfaatkan
media sosial, situs web, dan platform e-commerce untuk meningkatkan visibilitas
produk
3. Membuat konten
berkualitas: buat konten yang relevan dan menarik terkait hijab, mode dan gaya
hidup muslim, baik melalui gambar, artikel ataupun video yang menarik.
4. Kerjasama dengan
influencer: saya mencoba melibatkan
influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar untuk
meningkatkan kepercayaan dan eksposur.
5. Program
kemitraan: Disini saya berusaha untuk membangun kerjasama dengan toko-toko
fashion atau butik lokal untuk menjual produk hijab saya ditempat fisik.
6. Diskon dan
promosi: menawarkan diskon khusus atau menarik untuk meningkatkan daya tarik
produk, terutama saat momen-momen khusus
seperti pada bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri.
7. Pelayanan
pelanggan yang baik: memberikan pelayanan pelanggan yang responsif dan ramah
untuk membangun hubungan baik kepada seorang pelanggan.
8. Partisipasi
dalam event komunitas: