Pemasaran Produk Makanan Bakso Aci Rumahan Dengan Strategi 4p
![]() |
Penulis adalah Mahasiswi STAI Bumi Silampari Prodi KPI |
Opini Oleh: Siti Sulaiha
JENDELAKITA.MY.ID -
Pemasaran produk merupakan hal yang penting bagi seorang
pebisnis. Terutama bisnis berkaitan
dengan produk yang berhubungan langsung dengan konsumen. Dengan memahami
strategi pemasaran dapat mempermudah pebisnis mengetahui sperti apa kondisi
yang terjadi di dunia marketing.
Strategi pemasaran produk adalah rencana secara rinci yang berisikan
tentang bagaimana cara menjual sebuah produk atau jasa (layanan). Dalam
strategi pemasaran kita dapat menerapkan konsep yang dikenal dengan strategi
pemasaran 4P.
Strategi pemasaran 4P atau yang dikenal dengan marketing mix adalah 4
elemen penting yang digunakan oleh suatu bisnis untuk mencapai kesuksesan
penjualan. Strategi ini pertama kali diperkenlakan oleh Neli Borden yang
terinspirasi dari James Cullington pada pertengahan abad ke-20.
4 elemen penting strategi pemasaran yang perlu kita ketahui yaitu:
1. Product ( Produk )
Pastikan produk
atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Standar, kualitas dan keunggulan juga disesuaikan sedemikian rupa.
Salah satu contoh penerapan produk yang baik adalah pada produk makanan
Bakso Aci Rumahan. Dalam proses pembuatan Bakso Aci menggunakan bahan yang
berkualitas baik, bahkan untuk rasa ada pilihan tingkat kepedasan sendiri.
Jadi, para pelanggan bisa menentukan sendiri level pedas yang diinginkan.
2. Price ( Harga )
Tentukan harga
yang tepat untuk produk dan jasa yang dibuat. Pastikan harga terjangkau dan
sesuai dengan jaul beli pasaran. Untuk baksi aci ini dijual dengan harga RP
5.000,00 / pcs. Walaupun terkesan murah, rasa dijamin tidak murahan.
3. Place (Tempat)
Strategi
pemasaran 4p mencakup temoat pengelolaan dan pendistribusian barang atau jasa
dari produsen ke konsumen. Pilihlah tempat yang sesuai dan memenuhi standar
keamanan dan jangkauan luas baik offline maupun online.
Baksi aci ini memilih tempat produksi dilokasi yang dekat dengan kebutuhan
bahan produksi.
Untuk memudahkan pemasaran bakso aci menjual secara offline maupun online,
sehingga mudah di jangkau oleh para pelanggan.
4. Promotion (Promosi)
Gunakan
strategi dengan efektivitas yang bagus dan sesuai dengan target. Misalnya
dengan menggunakan media sosial.