Breaking News

Pemasaran Produk Makanan Bakso Aci Rumahan Dengan Strategi 4p

Penulis adalah Mahasiswi STAI Bumi Silampari Prodi KPI

Opini Oleh: Siti Sulaiha

JENDELAKITA.MY.ID - Pemasaran produk merupakan hal yang penting bagi seorang pebisnis. Terutama bisnis  berkaitan dengan produk yang berhubungan langsung dengan konsumen. Dengan memahami strategi pemasaran dapat mempermudah pebisnis mengetahui sperti apa kondisi yang terjadi di dunia marketing.

Strategi pemasaran produk adalah rencana secara rinci yang berisikan tentang bagaimana cara menjual sebuah produk atau jasa (layanan). Dalam strategi pemasaran kita dapat menerapkan konsep yang dikenal dengan strategi pemasaran 4P.

Strategi pemasaran 4P atau yang dikenal dengan marketing mix adalah 4 elemen penting yang digunakan oleh suatu bisnis untuk mencapai kesuksesan penjualan. Strategi ini pertama kali diperkenlakan oleh Neli Borden yang terinspirasi dari James Cullington pada pertengahan abad ke-20.

4 elemen penting strategi pemasaran yang perlu kita ketahui yaitu:

1. Product ( Produk )

    Pastikan produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Standar, kualitas dan keunggulan juga disesuaikan sedemikian rupa.

Salah satu contoh penerapan produk yang baik adalah pada produk makanan Bakso Aci Rumahan. Dalam proses pembuatan Bakso Aci menggunakan bahan yang berkualitas baik, bahkan untuk rasa ada pilihan tingkat kepedasan sendiri. Jadi, para pelanggan bisa menentukan sendiri level pedas yang diinginkan.

2. Price ( Harga )

  Tentukan harga yang tepat untuk produk dan jasa yang dibuat. Pastikan harga terjangkau dan sesuai dengan jaul beli pasaran. Untuk baksi aci ini dijual dengan harga RP 5.000,00 / pcs. Walaupun terkesan murah, rasa dijamin tidak murahan.

 

3. Place (Tempat)

    Strategi pemasaran 4p mencakup temoat pengelolaan dan pendistribusian barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pilihlah tempat yang sesuai dan memenuhi standar keamanan dan jangkauan luas baik offline maupun online.

Baksi aci ini memilih tempat produksi dilokasi yang dekat dengan kebutuhan bahan produksi.

Untuk memudahkan pemasaran bakso aci menjual secara offline maupun online, sehingga mudah di jangkau oleh para pelanggan.

4. Promotion (Promosi)

    Gunakan strategi dengan efektivitas yang bagus dan sesuai dengan target. Misalnya dengan menggunakan media sosial.

Promosi yang dilakukan oleh Bakso Aci ini dengan memanfaatkan sosial media dan fitur ads yang terdapat pada sosial media maupun markertplace. Bakso Aci Rumahan juga menggunakan strategi promosi lainnya yaitu word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.***