Resume Buku Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
Tulisan Oleh Lilik Nurhidayah (Mahasiswa Prodi BPI - STAI Bumi Silampari)
Jendelakita.my.id. - Buku Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini membahas tentang berbagai aspek perkembangan anak pada fase usia dini yang merupakan masa kritis dalam kehidupan individu. Pada periode ini, perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Masa ini sering disebut sebagai golden age atau usia emas, di mana hampir seluruh potensi anak sedang berada pada fase peka untuk tumbuh dan berkembang secara cepat dan signifikan. Setiap anak memiliki laju perkembangan yang berbeda, disebabkan oleh perbedaan individual yang dipengaruhi oleh faktor genetik maupun lingkungan. Perkembangan sendiri didefinisikan sebagai proses bertambahnya kemampuan atau keterampilan pada struktur dan fungsi tubuh secara kompleks dan teratur, yang merupakan hasil dari proses pematangan dan pengalaman.
Dalam proses perkembangan ini, terdapat berbagai aspek yang saling terkait, seperti kemampuan motorik, intelektual, sosial, dan emosional. Gunarsa (2008) menyatakan bahwa perkembangan anak berlangsung secara progresif, teratur, koheren, dan berkesinambungan, di mana setiap tahap perkembangan berkaitan erat dengan tahap sebelumnya maupun sesudahnya. Untuk mendukung perkembangan holistik anak usia dini di lingkungan sekolah, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah bermain peran, kegiatan seni dan kreativitas, mendengarkan cerita dan dongeng, musik dan tari, menjelajah alam, bermain pasir dan air, permainan tim, eksperimen sederhana, bermain puzzle serta permainan tebak-tebakan, olahraga, dan permainan fisik.
Buku ini juga menguraikan berbagai pendekatan terhadap perkembangan anak usia dini. Pendekatan di sini dipahami sebagai cara pandang dalam memecahkan permasalahan atau melihat objek secara menyeluruh. Pendekatan ini ibarat sebuah kacamata yang memberikan perspektif tertentu terhadap lingkungan. Beberapa pendekatan yang dijelaskan dalam buku ini antara lain pendekatan krisis, pendekatan perkembangan, pendekatan rasional emotif, psikoanalitik, eksistensial-humanistik, client-centered, gestalt, dan pendekatan tingkah laku.
Selanjutnya, buku ini juga membahas aspek-aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, yaitu perkembangan nilai dan agama, bahasa, fisik, emosional, serta seni. Perkembangan nilai dan agama berkaitan erat dengan lingkungan, karena agama mengarahkan aktivitas hidup agar sesuai dengan norma dan nilai kemanusiaan. Perkembangan bahasa merupakan aspek penting yang membantu anak memahami cerita, aturan, serta perintah dari orang dewasa. Sementara itu, perkembangan fisik meliputi pertumbuhan biologis seperti pertumbuhan otak dan hormon. Dalam aspek emosional, anak belajar memahami dan menyesuaikan diri dengan perasaan orang lain melalui interaksi sosial. Aspek seni juga sangat penting karena mendukung kreativitas dan ekspresi anak, sekaligus mempersiapkan kemampuan dasar mereka dalam menghadapi proses belajar yang lebih kompleks ke depannya.