Breaking News

Produksi Berita Media Cetak, Mata Kuliah yang Menyenangkan

Tulisan oleh: Firman Abisyiwih  *)

Jendelakita.my.id - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam STAI Bumi Silampari menemukan kesenangan dalam belajar mata kuliah Produksi Berita Media Cetak.

Produksi Berita Media Cetak telah menarik perhatian dan antusiasme tinggi di kalangan mahasiswa KPI, karena mahasiswa telah menemukan kesenangan unik dalam proses belajar yang dinamis dan interaktif.

Ditengah era digital yang terus berkembang, mata kuliah ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang dunia jurnalisme cetak, menggabungkan teori dengan praktik hands-on yang mempersiapkan mahasiswa untuk industri media.

Mengikuti kurikulum yang di rancang untuk membangun keterampilan dari dasar hingga tingkat lanjut, mahasiswa diajak untuk menjelajahi setiap aspek produksi berita media cetak, mulai dari penulisan dan pengeditan hingga desain layout dan penggunaan perangkat lunak desain grafis.

Tujuan mata kuliah ini tidak hanya untuk mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang etika jurnalisme dan dampak sosial dalam Berita itu sendiri.

"Mata Kuliah Peoduksi Media Cetak sangat menyenangkan karna dapat menambah wawasan dan etika dalam menjadi jurnalisme" ujar Rara salah satu mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Dalam Produksi Berita Media Cetak terdapat tugas akhir yakni: Membuat edisi khusus Koran dan Majalah. Tujuannya yaitu: Mahasiswa ditugaskan untuk merancang dan memproduksi sebuah edisi khusus koran atau majalah, dari ide awal hingga produk akhir yang siap cetak. Edisi khusus ini bisa berfokus pada tema tertentu, seperti lingkungan, teknologi, seni, atau budaya pop.

Langkah-langkah nya yaitu:

Pertama Perencanaan Konten: Kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, di mana setiap kelompok harus merencanakan isi edisi khusus mereka, termasuk artikel utama, wawancara, opini, dan fitur lainnya.

Kedua Penelitian dan Wawancara: Mahasiswa melakukan penelitian dan wawancara dengan narasumber untuk mengumpulkan informasi dan insight yang akan digunakan dalam artikel mereka.

Ketiga Penulisan dan Pengeditan: Setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk menulis satu atau lebih bagian dari publikasi, yang kemudian akan diedit secara peer-to-peer di dalam kelompok.

Keempat Desain dan Layout: Menggunakan perangkat lunak desain (seperti Adobe InDesign), mahasiswa merancang layout halaman, memilih foto atau ilustrasi, dan menyesuaikan tipografi untuk membuat tampilan yang menarik dan profesional.

Kelima Presentasi dan Review: Setiap kelompok mempresentasikan edisi khusus mereka di depan kelas. Ini termasuk menjelaskan konsep, proses editorial, dan desain. Kelas kemudian memberikan umpan balik sebagai bagian dari sesi review.

Dan yang terakhir Refleksi: Mahasiswa menulis refleksi pribadi tentang proses pembelajaran, termasuk apa yang berhasil, apa yang bisa diperbaiki, dan bagaimana keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan di masa depan. ***

*) Penulis adalah Mahasiswa KPI Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari semester IV