Produksi Berita Media Cetak, Mata Kuliah yang Menyenangkan
Tulisan oleh: Firman Abisyiwih *)
Jendelakita.my.id - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi dan
Penyiaran Islam STAI Bumi Silampari menemukan kesenangan dalam belajar mata
kuliah Produksi Berita Media Cetak.
Produksi Berita Media
Cetak telah menarik perhatian dan antusiasme tinggi di kalangan mahasiswa KPI,
karena mahasiswa telah menemukan kesenangan unik dalam proses belajar yang
dinamis dan interaktif.
Ditengah era digital
yang terus berkembang, mata kuliah ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang
dunia jurnalisme cetak, menggabungkan teori dengan praktik hands-on yang
mempersiapkan mahasiswa untuk industri media.
Mengikuti kurikulum
yang di rancang untuk membangun keterampilan dari dasar hingga tingkat lanjut,
mahasiswa diajak untuk menjelajahi setiap aspek produksi berita media cetak,
mulai dari penulisan dan pengeditan hingga desain layout dan penggunaan perangkat
lunak desain grafis.
Tujuan mata kuliah ini
tidak hanya untuk mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga untuk
mengembangkan pemahaman mendalam tentang etika jurnalisme dan dampak sosial
dalam Berita itu sendiri.
"Mata Kuliah
Peoduksi Media Cetak sangat menyenangkan karna dapat menambah wawasan dan etika
dalam menjadi jurnalisme" ujar Rara salah satu mahasiswa Prodi Komunikasi
Penyiaran Islam (KPI).
Dalam Produksi Berita
Media Cetak terdapat tugas akhir yakni: Membuat edisi khusus Koran dan Majalah.
Tujuannya yaitu: Mahasiswa ditugaskan untuk merancang dan memproduksi sebuah
edisi khusus koran atau majalah, dari ide awal hingga produk akhir yang siap
cetak. Edisi khusus ini bisa berfokus pada tema tertentu, seperti lingkungan,
teknologi, seni, atau budaya pop.
Langkah-langkah nya yaitu:
Pertama Perencanaan
Konten: Kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, di mana setiap kelompok
harus merencanakan isi edisi khusus mereka, termasuk artikel utama, wawancara,
opini, dan fitur lainnya.
Kedua Penelitian dan
Wawancara: Mahasiswa melakukan penelitian dan wawancara dengan narasumber untuk
mengumpulkan informasi dan insight yang akan digunakan dalam artikel mereka.
Ketiga Penulisan dan
Pengeditan: Setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk menulis satu atau
lebih bagian dari publikasi, yang kemudian akan diedit secara peer-to-peer di
dalam kelompok.
Keempat Desain dan
Layout: Menggunakan perangkat lunak desain (seperti Adobe InDesign), mahasiswa
merancang layout halaman, memilih foto atau ilustrasi, dan menyesuaikan
tipografi untuk membuat tampilan yang menarik dan profesional.
Kelima Presentasi dan
Review: Setiap kelompok mempresentasikan edisi khusus mereka di depan kelas.
Ini termasuk menjelaskan konsep, proses editorial, dan desain. Kelas kemudian
memberikan umpan balik sebagai bagian dari sesi review.
Dan yang terakhir
Refleksi: Mahasiswa menulis refleksi pribadi tentang proses pembelajaran,
termasuk apa yang berhasil, apa yang bisa diperbaiki, dan bagaimana
keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan di masa depan. ***
*) Penulis adalah
Mahasiswa KPI Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari semester IV