Strategi Pemasaran Berjualan Grubi (Ceker Ayam Dari Ubi)
![]() |
Penulis adalah Mahasiswi STAI Bumi Silampari Lubuklinggau |
JENDELAKITA.MY.ID - Banyaknya hasil panen ubi kayu yang saya punya membuat saya untuk lebih memanfaatkannya karena harga jual ubi yang sedang tidak stabil. Strategi untuk memanfaatkan ubi kayu ini dengan cara mengolah ubi kayu menjadi makanan ringanyang berupa grubi atau lebih dikenal tempat saya ceker ayam.
Di olah nya ubi kayu ini membuat
masyarakat lebih kenal dengan makanan yang bernama grubi atau ceker ayam. Dengan demikian, ubi kayu memiliki
nilai jual yang dapat menguntungkan .
Dengan cara pengolahan yang baik menciptakan
rasa yang lezat. Strategi pemasaran dengan cara mengolah ubi kayu menjadi
makanan grubi atau ceker ayam ini meliputi :
1.
Strategi mengenalkan produk, yaitu
dengan cara memberikan tes rasa terlebih dahulu.
2.
Strategi menitipkan produk ke warung
dekat rumah, yaitu dengan cara menitipkan produk ke toko – toko kelontongyang
sering di kunjungi banyak orang.
3.
Strategi pemasaran digital, yaitu
dengan cara memasarkan lewat sosial media sepertiWhatsapp, fecebook , dan lain –
lain .Dapat memperluas masyarakat untuk lebih banyak mengakses lewat sosial
media.
4.
Strategi memahami konsumen, yaitu
dengan cara cita rasa, kemasan menarik, dan harga .
5.
Strategi bauran pemasaran, yaitu dengan
caramempertimbangkan faktor – faktor seperti tempat dan promosi yang berdampak
signifikan terhadap volume penjualan.
Dengan
mempertimbangkan strategi dan faktor tersebut, pelaku usaha dapat memasarkan
produk keripik pisangnya secara efektif. Dengan
olahan ini membuat masyarakat mengenal produk yang akan kita jual mengenal
bahwa ubi kayu bukan cuma diolah itu –itu sajakarena dapat diolah menjadi
makanan yang lezat .
Harga yang sesuai dengan kantong
masyarakat membuat tertariknya minat konsumen untuk membeli dan merasakan
produk yang kita jual. Dengan demikian, masyarakat tahu tentang produk yang
kita olah sesuai dengan rasa masyarakat.
Kemasan yang menarik membuat minat
masyarakat untuk membeli dikarenakan kemasan produk yang akan dibeli memiliki daya tarik yang kuat
seperti kemasan bersih dan lucu.
Promosi yang memperkuat daya minat
masyarakat untuk membeli , dengan contoh komen masyarakat tentang rasa , harga
dan kemasan yang dapat memperkuat produk yang kita jual.
Itulah tadi beberapa strategi
memanfaatkan ubi kayu menjadi olahan
makanan riang yang bernama grubi atau ceker ayam.