Breaking News

Strategi Pemasaran Berjualan Grubi (Ceker Ayam Dari Ubi)

Penulis adalah Mahasiswi STAI Bumi Silampari Lubuklinggau
Tulisan Oleh: Zeny Aulya

JENDELAKITA.MY.ID - Banyaknya hasil panen ubi kayu yang saya punya membuat saya untuk lebih memanfaatkannya karena harga jual ubi yang sedang tidak stabil. Strategi untuk memanfaatkan ubi kayu ini dengan cara mengolah ubi kayu menjadi makanan ringanyang berupa grubi atau lebih dikenal tempat saya ceker ayam.

Di olah nya ubi kayu ini membuat masyarakat lebih kenal dengan makanan yang bernama grubi  atau ceker ayam. Dengan demikian, ubi kayu memiliki nilai jual yang dapat menguntungkan .

Dengan cara pengolahan yang baik menciptakan rasa yang lezat. Strategi pemasaran dengan cara mengolah ubi kayu menjadi makanan grubi atau ceker ayam ini meliputi :

1.    Strategi mengenalkan produk, yaitu dengan cara memberikan tes rasa terlebih dahulu.

2.    Strategi menitipkan produk ke warung dekat rumah, yaitu dengan cara menitipkan produk ke toko – toko kelontongyang sering di kunjungi banyak orang.

3.    Strategi pemasaran digital, yaitu dengan cara memasarkan lewat sosial media sepertiWhatsapp, fecebook , dan lain – lain .Dapat memperluas masyarakat untuk lebih banyak mengakses lewat sosial media.

4.    Strategi memahami konsumen, yaitu dengan cara cita rasa, kemasan menarik, dan harga .

5.    Strategi bauran pemasaran, yaitu dengan caramempertimbangkan faktor – faktor seperti tempat dan promosi yang berdampak signifikan terhadap volume penjualan.

Dengan mempertimbangkan strategi dan faktor tersebut, pelaku usaha dapat memasarkan produk keripik pisangnya secara efektif. Dengan olahan ini membuat masyarakat mengenal produk yang akan kita jual mengenal bahwa ubi kayu bukan cuma diolah itu –itu sajakarena dapat diolah menjadi makanan yang lezat .

Harga yang sesuai dengan kantong masyarakat membuat tertariknya minat konsumen untuk membeli dan merasakan produk yang kita jual. Dengan demikian, masyarakat tahu tentang produk yang kita olah sesuai dengan rasa masyarakat.

Kemasan yang menarik membuat minat masyarakat untuk membeli dikarenakan kemasan produk  yang akan dibeli memiliki daya tarik yang kuat seperti kemasan bersih dan lucu.

Promosi yang memperkuat daya minat masyarakat untuk membeli , dengan contoh komen masyarakat tentang rasa , harga dan kemasan yang dapat memperkuat produk yang kita jual.

Itulah tadi beberapa strategi memanfaatkan ubi kayu menjadi olahan  makanan riang yang bernama grubi atau ceker ayam.

Strategi diatas dapat dimanfaatkan dengan baik kedepanya dan lebih efektif dalam memasarkan suatu produk.***